Selasa, 08 Februari 2011

~Tips Menggendong Bayi 0-4 Bulan~


Bayi sangat menikmati gendongan ibunda tercinta. Sambil diayun lembut dalam dekapan ibu, bayi merasakan cinta dan rasa aman. Tapi tak perlu terlalu sering menggendongnya.

Tapi sebentar-sebentar menggendong bisa berakibat kurang baik. Selain tangan ibu cepat pegal karena bayi terus bertambah berat badannya, perkembangan motorik bayi juga terhambat. Berikut tips menggendong bayi 0-4 bulan:

1. Gendong dalam posisi berbaring karena keseimbangannya belum baik, leher, punggung dan kaki bayi belum bisa menyangga tubuh dengan baik, sehingga 3 bagian itu harus ditopang. Gunakan satu tangan Anda untuk menahan bokong bayi, tangan lainnya menyangga punggung, leher, dan kepala.

2. Riset membuktikan, menggendong bayi dengan posisi kepala di sebelah kiri, membantu menenangkannya, karena bayi bisa mendengar detak jantung Anda. Sedangkan gendong sebelah kanan membangkitkan sernangat dan membuatnya terjaga.

3. Jangan dekap terlalu erat karena justru membuat bayi tidak nyaman. Jika bayi rewel atau gelisah dalam gendongan, mungkin karena tidak nyaman dengan cara Anda menggendong.

4. Pilih alat gendong model sling dari kain. Seringlah memeriksa posisi bayi dalam gendongan untuk memastikan keamanannya.

5. Waktu yang baik menggendong bayi adalah saat menidurkan, menenangkan, hendak menyusui atau jika kolik. Di luar itu, sebaiknya bayi ditaruh dalam boksnya.

6. Suasana hati Anda saat menggendong harus baik agar tujuan menggendong -membuat bayi aman, nyaman, dan merasakan kasih sayang Anda tercapai. Saat menggendong, usap, tepuk-tepuk, bersenandung, atau tatap mata bayi sambil tersenyum dan ajaklah ia bicara. Ini berguna untuk perkernbangan emosinya.

7. Boleh mengayun, tetapi lembut dan perlahan, jangan keras dan mengguncang. Cara kasar ini dapat menyebabkan perdarahan di kepala bayi, terlebih jika ia punya riwayat kelainan pembuluh darah atau pembekuan darah.

8. Batasi jumlah orang yang menggendong, agar bayi sempat mengenali aroma tubuh penggendongnya dan ciptakan bonding (keterikatan) dengannya.

0 komentar:

Desain By : Aldid Alifya Kyko, Since July 2010