Selasa, 30 Maret 2010

~Bayi Baru Lahir, Kuat Panas Atau Tidak Sih?~


Bayi yang baru lahir sangat rentan terhadap suhu udara yang terlalu panas. Mengapa demikian? Selain ia belum bisa berkeringat secara efektif untuk menghilangkan kelebihan panas tubuhnya, bayi Anda juga ternyata memproduksi panas tubuh internal yang lebih banyak dibandingkan Anda!

Makanya, jika Anda mengajak bayi Anda yang baru lahir untuk menikmati udara segar dan hangatnya cahaya matahari, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:
Jangan biarkan ia tersorot cahaya matahari secara langsung, terutama di siang hari.
Jangan menggunakan terlalu banyak pakaian,karena bisa menyebabkan ia kepanasan.
Bayi Anda tidak bisa memberitahu Anda kalau ia kehausan. Periksalah selalu kondisinya dan coba berikan ia ASI dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama.

Walaupun tidak ada suhu udara yang baku untuk menentukan aman-tidaknya bagi bayi Anda (karena banyak faktor yang mempengaruhi, seperti kelembaban udara, naungan awan dan pohon, kondisi setiap bayi), sebaiknya Anda sangat berhati-hati ketika membawa bayi yang baru lahir keluar rumah, apalagi untuk perjalanan jauh.

Pada kebanyakan kasus, bayi yang mengalami kepanasan berlebihan, dapat menderita:
Keram: karena si kecil terus berkeringat dan kekurangan kadar garam dalam tubuhnya, maka badannya bisa keram dan sakit-sakit.
Kehausan: dapat berlanjut dengan dehidrasi.
Kejang: bayi Anda akan sangat kepanasan, memerah, kulitnya mengering dan disertai dengan disorientasi, serta nafas dan denyut jantung yang tidak teratur

Makanya hati-hati ya…

0 komentar:

Desain By : Aldid Alifya Kyko, Since July 2010